Waspadai Mata Ikan

Pengerasan kulit di telapak kaki atau tangan yang disebut mata ikan atau clavus memang menyebalkan. Seperti kapalan tetapi lebih keras dan sakit jika ditekan (kalau di telapak kaki, terasa sakit kalau berjalan). Untuk menghilangkannya secara efektif pun terasa menyakitkan karena harus dioperasi kecil (cauter) dan tentu saja wajib dilakukan oleh dokter.

Mata ikan di telapak kaki kiri saya sudah lama bercokol. Salah satu karakter dari penyakit ini adalah tumbuh dengan pelan dan pasti. Sampai saya tidak menyadari kalau mata ikan di kaki saya itu sudah cukup besar dan berlubang. Kalau pagi terasa sakit sekali jika dipakai berjalan.

Akhirnya, saya membulatkan tekad untuk meminta dokter membedah penyakit ini. Saya pun mendatangi dokter spesialis kulit dan kelamin di Rumah Sakit Elizabeth Semarang.

Begitu melihat mata ikan di kaki saya, Dokter Paulus Yogyartono sepertinya tidak punya pilihan lain. “Berani kan kalo dioperasi, dibius lokal kok,” katanya.

Oke, memang sepertinya itulah solusi yang terbaik. Dengan dibedah, akar mata ikan itu bisa diambil dan berpeluang besar tidak tumbuh lagi. Setelah menyetujui biaya operasi Rp 200.000, saya pun pasrah tergeletak di ranjang periksa.

“Sakit gak dok?”

“Gak, paling sakit dikit pas disuntik”

Benar saja, pas disuntik, sakitnya minta ampun. Padahal, dokter sudah pakai jarum yang paling kecil, tapi rasanya tetap saja seperti kena pecahan kaca. Tidak tanggung-tanggung, empat suntikan obat bius sudah menyebar di sekeliling mata ikan. Sang pasien pun terpaksa menggeliat, meronta dan menggigit lengan kaos. Untung mbak perawat di dekat kaki gak ikut kesepak. This was the worst part of the surgery.

Dokter pun segera menyiapkan, dua buah gunting operasi dan siap menguliti mata ikan. “Dok, apa gak sebaiknya tunggu beberapa menit dulu biar obat biusnya bekerja dulu?”

“Wah, terus saya gak pulang dong, nungguin seharian.” Wah dokter ini, sang pasien kan baru pertama kali mengalami operasi lokal.  Lagipula, ngeri juga liat ada orang lain yang pegang gunting dan siap menyayat kulit di bagian tubuh kita.

Tapi untunglah, proses pencabutan akar mata ikan itu tidak sakit sama sekali. Akhirnya, mata ikan berwarna coklat keputihan sebesar biji kacang itu terambil. Kata dokter, akar itu tertanam setengah sentimeter dari permukaan kulit. Setelah selesai, telapak kaki saya berlubang dan harus dibebat dengan perban. Selama empat hari, kaki tidak boleh kena air dan harus rutin minum obat dari dokter (maaf tulisan nama obat di resep gak jelas sama sekali, mungkin cuma orang farmasi yang paham).

Setelah merasakan sakitnya operasi mata ikan, saya berharap tidak lagi mengidap penyakit ini. Tapi jangan salah, penyakit ini-katakanlah-bukan penyakit kampungan lho. Kata dokter, penyakit ini disebabkan virus. Ada juga yang berpendapat kalau penyakit ini muncul gara-gara sepatu yang dipakai tidak pas dan nyaman.

Saya jadi teringat pengalaman liputan banjir di Jakarta tahun lalu. Sepanjang hari saya berbasah ria di daerah Muara Baru, Jakarta Utara, dengan beralas kaki. Setelah selesai liputan, kayaknya saya sering lupa mencuci kaki dan langsung mengetik berita. Padahal, entah bakteri dan virus macam apa saja yang ada di air banjir itu.

Salah satu langkah paling efektif adalah tetap menjaga kebersihan kaki (terutama bagi orang yang banyak berjalan ketika bekerja). Dan usahakan pula selalu memakai sepatu atau sandal yang tidak menyiksa kaki.

Sayang, masih ada bibit mata ikan di kaki sebelah kanan. Kita tunggu operasi mata ikan babak dua….

98 Balasan ke Waspadai Mata Ikan

  1. weedya mengatakan:

    oalah…koleksi kok mata ikan..
    koleksi tu ya koleksi tas,,laptop,,n gadget2 yg canggih..
    gitu atuh…

  2. shara mengatakan:

    mba mba,,mo tanya dong..thu katanya jadi ada bekas lubang gitu y abs operasinya ??
    ntr kalo uda recovery uda sembuh gt ,bekasna ttp berlubang gt apa engga si ??
    hiks .takut ni mau operasi ..

  3. herpin mengatakan:

    salam kenal mba shara. jelas ada bekasnya mba. bekas operasi (yang berlubang) akan ditutup perban terus dibiarin sampe 4-5 hari n gak boleh kena air. abis itu, bekas lubang masih ada tapi kalau disentuh tidak akan sakit, karena ternyata lapisan kulit di telapak kaki kita itu sangat tebal. tapi jangan khawatir, bekas lubang itu akan hilang dengan sendirinya.

  4. Jemiey mengatakan:

    Duh,gw bru mau d oprasi nh.
    Lbur sbtu-mggu dmanfaatkn utk oprasi mta ikan.Hix..
    Pas dsuntik skit y?klo g bleh kna air,ntar mndi n wdhuny gmn dunk?

  5. phii potter.poona mengatakan:

    ampun deh
    saya bc postingan ini wkt lg nungguin giliran operasi.
    .
    bikin serem aja ritual sblum operasinya
    4 suntikan di sekitar clavus yg mmbuat pasien meronta
    beneran atau dramatis ni ?
    .
    jdi pngn mengurungkan niat operasi nih.
    huhu

  6. noel mengatakan:

    hiks….hiks…hiks…
    sama kayak gw, untungnya cuman sekali injeksi aja. itupun udah membuat gw menggeliat kayak cacing kepanasan.
    dan nasib buruk menimpa gw, bekas luka operasi tersebut ternyata tumbuh menjadi mata ikan yang jauh lebih besar lagi…it means, gw harus di operasi lagi pada tempat yang sama dengan adanya tambahan muncul bintik2 kecil di sekitar telapak kaki yang bekas operasi itu. mungkin virusnya udah menyebar kali ya…
    padahal waktu itu gw udah terkapar tak berdaya selama 2hari, plus gak bisa jalan2 selama seminggu lebih karena pada hari ke 10, jahitannya baru dibuka. kalo yang sekarang harus di operasi lagi, kira2 berapa lama ya gw gak bisa jalan2…
    hiks..hiks..hiks…
    gw cuman berharap ada keajaiban yang bisa menyembuhkan penyakit ini tanpa harus di operasi lagi.

  7. Andi Ibrahim mengatakan:

    Cuma mau share nih… buat yg kena mata ikan & ngeri dioperasi gak ada salahnya coba obat mata ikan yg dijual di toko2 obat cina. Saya sudah nyoba sendiri (krn memang takut bener mau ke dokter hehe) … dan alhamdulillah, setelah 4 bulan sengsara jalan tertatih-tatih plus nyari obatnya kesana kemari, dalam tempo sebulan pengobatan sudah bisa sembuh tuh.

    Bentuk obatnya seperti handiplas, dgn obat berwarna merah ditengah yg berfungsi membasmi kutil tsb. Setelah dipakai sekitar seminggu mata ikan yg mengganggu itu akan mati dgn sendirinya, dan di daerah di sekelilingnya akan terlihat kulit yg siap dikelupas. Saat dikelupas pun sudah relatif tanpa rasa sakit lagi. Hasilnya buat saya sangat memuaskan krn cara pengobatannya yg sederhana, murah dan efektif.

    Harga obatnya 10 ribu rupiah, satu box kemasan berwarna hijau berisi 5 lembar handiplas. Sukur gak sampai habis 2 box kondisi kaki saya sudah pulih kembali. Silahkan dicoba.

  8. khalif zulkifli mengatakan:

    that’s my hope,, thanks andi,,
    walau keujung duniapun,,
    pasti akan kucari tu obat,, ud operasi msi jg nimbul tu asshole,, nanyain ke dokter katanya blm ad obat luarnya,
    nice,,

  9. cleona mengatakan:

    wa..g jg lagi kena di tangan tapi lagi masa pemulihan.g pake yang kaya handiplas tu.rada sakit ne sher2 ne.kayanya uda mo sembuh.kl kata om f.bs jg pake kapur yang di tmpt abang2 las jaman jadul.las karbit kl g kg slh.trus kapurnya tu d tambah gula.kg akan terasa apa2 sbntr smbuh ktnya.coz dkt rmh g kg ktm jd g pake yang kya handiplas tu.

    tp ada jg obat lain ada di apotik.namanya callusol cara pake bs liat di krtas ya ng dlm kardus..

    tu smw kg perlu oprasi n kluar duit mahal ko..

    silahkan mencoba.

  10. agent703 mengatakan:

    suntik lokal?
    maksudnya pake palu gede kaya yang di film” komedi cina gitu?

  11. alexamahes mengatakan:

    wah saya baru baca post ini 2 hari setelah operasi, nyesel banget kemarin cuma dibius satu suntikan karena masih terasa banget sewaktu dibelek kaki saya :( ckck

  12. andi mengatakan:

    ampun sakitnya habis dioperasi, padahal minggu depan harus ke dokter lagi untuk operasi sisa mata ikan yang belum diangkat. Sebenarnya 3 bulan lalu telapak kaki sakit seperti ketusuk duri, dibiarin 2 bulan malah mengeras. Akhirnya dioperasi dokter bedah, 2 minggu jalan pincang masih juga sakit. Periksa lagi ke dokter kulit eh.. mata ikannya masih muncul lagi. 1 jam lalu dioperasi…….masih terasa 4 suntikan ditelapak kaki. Ngeri bayangin minggu depan dioperasi lagi….

  13. Patient100 mengatakan:

    Wahh…Kbetulan iseng2. Ada obrolan yg pas bgt buat aku.
    aku jg kena mata ikan kayknya..
    Baca post an nya..
    Aku jd ngeri sndri..
    Hmm..Kayaknya aku mau cb cari obat di apotik aja yg dibahas ma Mas andi Ibrahim..
    Maksih atas info2nya,,sungguh berguna. :)

  14. heru p mengatakan:

    tanks bung Andi,ana akan cari tu obat,soale nia sodara jg baru di belek kakikanya krn ada mata ikan di tumitnya.ternyata mata ikan bikin kita musti banyak introspeksi,itu baru mata ikan,gimana dg mata hati…..ck…ck…ck…..

  15. iim Roviatul qudsi mengatakan:

    im juga punya mata ikan nih.. sakit banget kalo jalan.
    tadi nya mo operasi. tapi mo nyoba obat cina itu dulu ah.. thanks semuanya..

  16. Lukianto mengatakan:

    Trima kasih info n pnglmnx mas n mbak diatas.aq jg kna nih yg nmx mata ikan tp takut bgt ma oprasi,kykx nyoba obat oles dl kl ye

  17. Erel mengatakan:

    Ane juga kena nih di ujung jempol kaki kanan.. dikasih Callusol udah 3 hari dan sekarang kulit sekeliling mata (lubang)nya jadi berubah warna putih, lumayan tebal mungkin mau kelupas kali ya..? Tuh lobang isinya serat2 kayak karet..
    Operasi? No way deh.. thanks.. serem aja.

    Saatnya mencari obat cina kalau2 Callusol gak mempan.

  18. hgt mengatakan:

    saya juga lagi kena ni…., katanya ada obat Colomax ya, tapi katanya udah ga dijual lagi…..
    kalo yang obat miirp tensoplast tuh belinya dimana ya…?

    makasih….

    semoga cepat sembuh

  19. baks dong mengatakan:

    saya sudah coba collomack + plester yg dimaksud…tapi tidak ad prubahan..

    sblomya saya sudah pernah operasi tapi tidak sembuh jg…hampir 2 minggu setelah operasi saya harus terpincang2 dulu…dan memang benar dsaat suntik itu lah yg bener2 terasa “sakit” sehingga ini lah yg membuat saya beralih untuk mencoba obat collomack atau plester..

    semoga akan ada kesembuhan yg saya dapat..karna penyakit ini sudah sangat menyiksa saya…

    apakah ada option lain jika obat ini tidak berhasil?

    soalnya saya pernah melihat di forum lain bahwa dgn menggunakan getah bunga kamboja akan berhasi…
    apakah ada yg pernah mencoba?

    thanks.

  20. huuu, baca blog ini sebelom saya dioperasi juga nih. mata ikan saya udah gede bgt n banyak di dua telapak kaki. jadinya harus bius yg blok setengah badan itu (lupa namanya).
    ngeri kalo mikirin bakalan di belah2 kaki saya.

  21. chaha mengatakan:

    kalu pengobtan mata ikan dgn kapur sirih ada yang tau gk???

  22. hafidz mengatakan:

    aduh.. paling paragh nih.., saya punya pnyakit ini. awalnya di kaki kiri, saya kira melendung trus di korek2 pake gunting kuku, g sembuh-sembuh, ya udah biarin aja, eh ternyata tumbuh lagi di tangan 3 aduh mana jempol dan telunjuk lagi,
    jadi pengen nyoba tuh oabt.. bisa bwt tangan g yh??

  23. Chupy mengatakan:

    Hr ni gw br nganter tmn oprasi mata ikan,awalny kyk kapaln tp makin lama makin sakit,trnyt cpt nyebr yah..di kaki kanan dah ada 2 benjln bsr,dan ada 4 calon yg bakal tumbh blm yg dikaki satuny..ya Allah knp bs gitu ya? Pas disuntik tmn gw jerit2,saat dicongkel gw liat bentkny pth kt doktr itu sdh meng akar klo ga cpt dioprasi akan nyebar..trnyt pentng bgt ya kt jaga kebrsihan kaki

  24. Chupy mengatakan:

    Bwt tmn2 yg kena mata ikan jgn cb2 diobatin pake cr sendr deh..apalagi ada yg cb pake cutter aduh byangnny dah serem?!! Blm alatny klo krng steril malah jd infeksi mw murah malah jd tmbh penykt baru..klo dah timbl tanda2 mending langsng ke doktr aja yah…

  25. jokindra mengatakan:

    saya telah mengidap sakit mata ikan pada saat sekarang ini.pertama cuma tumbuh satu di telapak kaki..sebelum nya memang di cuekin..lama” menyebar dan sakit..memang itu penyakit sakit banged pada saat berjalan telapak kaki terasa senut”…saya berinisiatif konsultasi ke dokter..saya diberi obat yang namanya anfix dan salep yang dapat nipisin mata ikan tersebut..

  26. FERDI CBBC mengatakan:

    wah…. saya kemaren habis operasi mata ikan… yang di operasi 1 mata ikan…. setelah 1 bulan masa penyembuhan, datang lagi mata ikan tersebut. tetapi sekarang dia bawa pasukan… 7 pasukan nya yg lbih tepat… dan masalahnya smua brada di 1 kaki T_T

  27. rahma mengatakan:

    saya 3minggu yang kmrin jg operasi mata ikan. emang waktu suntikan bius sait minta ampun, setelah disudet ndak terasa. udah 2 minggu ini kaki saya bekas jahitan yang bru 6hri dibuka muncul daging warna putih, kaya’ kapalen.apa itu mau sembuh atau mata ikan kambuh lagi. makash bnget jawabnnya

  28. niati mengatakan:

    sama bgt pengalamannya mulai dari awal muncul, dtik2 oprasi sampe sembuh. waaah pengalaman yg tak kan terlupakan sakitnya…

  29. larasaty daryanto mengatakan:

    y allah….ternyata seseram itu y penykit mata ikan….alhmdullillah gk kena saya tp ke anak saya yg baru berumur 4th T__T sbnrny udh dikasih callusol n udh sembuh tp ru 2 hr ini tuh mata ikn dtg lg T_T mgnkn yg kmrn lum semuany kecabut kli y bis kecil bgt wkt itu mata iknny….smpt k’dokter tp dokter takut klo oprasi anak umur 4th masih terlalu kecil….oooohh knp bisa ad mata ikn y???virus ini bnr2 bikin takut deeehh…hbis kt orng suka dtg2 lg walau udh sembuh….oy namany ap y yg pke plester itu bis ksian jg neeehh anakku T_T

  30. ira mengatakan:

    waduh lagi nyari nih.. plester obat mata ikan itu, namanya apa yaa?? terus dimana nyarinya? kalo di Bandung ada gak? abis baca malah jadi ngeri di operasi kok malah tumbuh lagi ya…

  31. nita mengatakan:

    huaaa….. q lagi kena mata ikan,mana telapak kaki dua2nya lagi hiks3x….
    q gak mau di operasi takut…
    kayaknya harus nyoba plester obat cina az…
    harus nyari !!! habisnya jalan susah,nahan sakit.. :(

  32. asyarota mengatakan:

    ak jg sm ma kalian2, uda 1bln pnuh mt ikan nempel d kki q sblh knn,.kt ka2k’q (Sdh trbukti) ckp d rendem sama air anget trs d ksh garam dkit bs kog.
    caranya air anget ksh garam scukupnya (klo bnyk2 ntr boros.,haha^^)
    trs kaki d rendem sktr 10menitan smpe kaki medok (b.jawa). stlh itu mata ikan kita guntingin ato pake ketok’an kuku, lakukan aj scr rutin..insya allah sembuh,,.
    ato ambil getah pohon patah tulang aj..(tu lho pohon cm batangnya doank).kita tempelin aj getah tu ke mata ikan..
    slmt mncoba^^

  33. angga mengatakan:

    waduuh gw baru mao nganterin nyokap gw operasi mata ikan nih …. gak tega kalo ngebayangin sakit pas dibiusnya, kira2 kuat gak yah nyokap ??? Udah lututnya kena arthritis, tambah lagi mata ikaan, udh sempet diobatin pake callusol n plester cina sampe kulit tipis tetep aja mata ikan masih ada … katanya udh gak tahan sakitnya minta dioperasi aja. Abis operasinya sakit gak sih ?? Berapa lama bisa jalan2 … soalnya nyokap gw orangnya gak bisa diem :(

  34. arip mengatakan:

    w dah operasi 2 x ..kapook sakitt..malah numbuh lagi di jempol,,udah cobA CALUSOL MA OBAT CINA TAPI GA SMBH JG..ada bat lain ga..

  35. resa mengatakan:

    saya kena mata ikan di kaki kiri.ga tahu kenanya dari mana,kalo liat postingan temen-temen, mungkin karena kurang menjaga kebersihan kaki ya?Jujur sih,kalo mau tidur saya jarang cuci kaki.By the way, mata ikannya udah saya obatin pake plester.Teman-teman yg bingung cari dimana plesternya: kalo di jakarta di toko-toko obat cina di pancoran kota,dari pertokoan gloria sono.harganya murah kok, sepak isi 6 kalo gak salah Rp. 7,000,-.Kalo belinya di Yogya ya bisa jadi harganya Rp.10,000,- Nah saya udah 2x mengelupaskan mata ikan itu. pertama-tama kulitnya mengeras,saya ganti lgi plesternya,ampe dia mengelupas sendiri.Tapi pengelupasan pertama lama,ditempelin plester itu butuh seminggu,ngabisin kira-kira 2 pack. kirain sukses…eh abis itu tumbuh lagi.Pengelupan yg kedua cepet,cuman 3 hari….eh terus tumbuh lagi.Sebetulnya pas kulit yg mengeras itu dikelupas,rasanya enak loh,jadi enteng….Trus karena udah 2x coba dan gagal,saya pilih operasi>betul kata teman-teman, operasinya di-cauter,jadi dibakar dikorek dibakar dikorek ampe abis.Prosesnya ga sakit,tp terakhir-terakhir obat biusnya udah menipis kaki saya berasa panas….Yg sakit pas disuntik obat bius,saya cuman disuntik 1x doang,tapi buseeettt….untung saya bawa jaket yg bisa digigit….abis ngejerit,langsung saya kayak herder yg disumpel jaket mulutnya sambil mengerang-erang…..dalam hati,sialan lu suster,bilangnya sakit dikit….ini mah sakit banget…kayak telapak kaki kena silet….Sorry temen,ini bukan buat nakuti-nakutin,sekedar sharing aja,supaya kalian siap bawa jaket buat digigit-gigit. Masalahnya sekarang mata ikan masih ada lagi biarpun dioperasi…apa yg kemarin kurang bersih ya? Mau balik ke RS yg sama dibilangan Grogol saya jadi males,mau pindah ke RS internasional aja deh di daerah Kebon Jeruk….Oh Tuhan,semoga kali ini berhasil…karena saya bener-bener takut……lihat dokter mengorek-ngorek kaki saya…..dan juga takut lihat biaya yg mesti dibayar….he.he..

  36. Aisa mengatakan:

    pernah ngalamin dulu pas kecil,sampai kuku jempolnya mau nyoplok,tapi sembuh setelah dikasih obat nggak tau namanya.mudah2an jangan sampe kena lagi deh

  37. darlis mengatakan:

    GAAAAMPAAANG TU…..
    GA PERLU OPERASI N BLI OBAT2,,,!!!
    QM OLESIN GETAH BUNGA KAMBOJA AJA….
    DI JAMIN SEMBUH N GA TUMBUH LG,,,,,UUYEE

  38. ika mengatakan:

    wahhhh, gw jadi ketawa ngakak sendiri lho ngebaca pengalamn temen2 semua. bukan mengejek ya, tapi ternyta masih banyak yang senasib ama gw.awalnya sih gw punya satu kutil di telapak kaki kiri bagian samping. karena ga enak di pandang mata gw tipisin pake gunting kuku. ternyata perbuatan gue membuahkan hasil satu mata ikan di tumit kaki kiri. sementara kutilnya sendiri masih betah ditempatnya. awalnya gw bingung ini penyakit apalagi. terus gw cari informasi di internet, baru gw tau penyakit yg baru singgah di kaki gw namanya mata ikan. awalnya sih gw biarin aja, tau2nya lubangnya makin dalam and sakitnya wadaw banget. kebetulan gw liat iklan di tv obat yg bisa mengobatinya, gw beli dong. setelah gw pake beberapa hari, sakitnya mulai hilang dan agak mati rasa. karena gw orangnya ga sabaran, gw tipisin lagi pake gunting kuku. perbuatan gw menghasilkan lagi. satu mata ikan di kaki jadi 11 di kaki kiri dan satu di kanan. ga tanggung2, di jari kanan gw satu and kiri satu. aje gile, gw makin stress dong. gw liat informasi ternyata juga bisa operasi dg biaya 200rb, tapi kalo diliin bisa hampir 3jt ya. belum lagi sakit operasinya. udah sakit, ga enak dipandang mata, laki gw ngetawain lagi. dapet penyakit langka dari mana? gw coba tanya obat kampung, ga ada yg tau. akhirnya ada ibu2 yg bilang bisa di obatin pake putik pepaya yg di bakar sampe panas, terus injak. harus tahan, ntar mata ikannya mati sendiri. gw bingung lagi nih mau dapetin putik pepaya dimana, berhubung di lingkungan gw ga ada yg nanam pepaya. alhasil gw percobaan lagi, tapi sekarang dg langkah dan perhitungan yg tepat. gw beli mancis yg pake baterai, setelah mancisnya gw hidupin dan panas, gw tempelin di semua mata kaki setiap malam. ternyata setelah beberpa hari gw kelupasin masih dg gunting kuku, bagian pembuluh darah yg terdapat pada mata kaki membeku jadi darah yg warna hitam. setelah dikelupasin gw panasin lagi pake mancis sampe beberpa hari, terus dikelupasin lagi, tau2nya udah nyampe ke dasar daging yg tidak kena mata ikan. ga berdarah sama sekali lo. dan ga sakit. berlubang juga. tapi alhmd ga sakit lagi. sekarang tinggal menunggu pemulihan lubangnya. murah dan mudah kan. cuma modal mancis and gunting kuku. ga lupa modal tahan panas dan kesabaran juga. gw mau pesan juga setelah diobati jangan lupa untuk mencuci tangan, kaki dan gunting kukunya ama sabun. sabun biasa aja ga masalah. karena gw pernah dengar virus ga bisa dimatiin, tapi bisa dialirkan dg air. jangan lupa juga untuk melap kaki. jangan biarkan kaki basah terlalu lama, karena itu menambah rasa sakitnya. jaga kebersihan kaki juga. mudah2an sedeqah pengalaman dan ilmu gw bisa bermanfaat khususnya buat yg kena mata ikan tapi ga punya biaya ke dokter. kalo ada yg berhasil nyoba tolong kasih tau gue ya. salam

  39. ika mengatakan:

    udah ada yg nyoba belum?

  40. khalif zulkifli mengatakan:

    alhamdulillah saya sudah sembuh,,!!
    dulu pernah cobain obat oles, hasilnya gg sembuh,
    pernah juga operasi lokal di rumah sakit, hasilya tumbuh lagi, malahan dia nular ke jari kaki yg lain.

    karena bete, ya saya biarin ajja,, ehh ternyata dia malah ngilang sendiri, gatau kenapa??
    ada yg bisa ngejelasin??

  41. riyanto mengatakan:

    saya juga kena ne,tp pake obat dari apotik agak mendingan ga tau ke belakangnya nanti

  42. mitha mengatakan:

    gw pake callusol, tuh mata ikan di tumit kanan ilang. tapi sekarang tumit gw sakit spt waktu ada mata ikannya padahal kulit gw udah mulus lagi. apa harus operasi??? apa akarnya ga ilang ya? hiks….

  43. maulana mengatakan:

    bagi yg tidak merasakan skt ini hrs bnr2 bersyukur. soalnya bnr2 g nyaman. tp td pg udah operasi. ya 4w1 berikanlah sy kesembuhan. bnr bgt dibius nya sakit minta ampun. tp dipikir2 untung jaman skrg dah ada obat bius, coba kl blm ada, pasti d operasinya jauh lbh gila skt nya.

  44. irfan zein mengatakan:

    Halo. ikutan share yak..
    brbicara mengenai mata ikan, spertinya saya adlh slh satu korban trparah pada rating tahun ini..
    karena pas mau bedah cauter, ehh trnyata untuk bius lokalnya dokter mendaratkan 7 kali suntikan di daerah mata ikanku.. dikarenakam jumlah mata ikan dikakiku ada 10.
    kmarin sore, pas bedah perdana diperoleh 7 akar dr 10..
    nah, untung aku ngeliat post2 kalian.. ada alternatif lain untuk melengserkan jabatan dan takhta 3 sisa mata ikan dikakiku..
    Faktanya : AKU TAKUT DISUNTIK…

  45. saifi mengatakan:

    Ikutan sharing, tgl 19 Okt kmrn sy akhirnya operasi 1 ekor mata ikan, setelah gagal dg Callusol. Kalo masalah operasi mengoperasi sy udah biasa soalnya udah pernah 3 kali operasi dg bius total (dasar sy emang penyakitan kali ya…), jadi operasi mata ikan sy adalah operasi yg keempat kalinya, singkat kata sebelum dioperasi telapak kaki disuntik Lidocaine sbg anestesi lokal, sakit sih tapi masih lebih sakit hati drpd sakit disuntik he..he… Setelah mati rasa mulailah telapak kaki disayat lalu diangkat mata ikan plus akarnya dg ukuran 1.5 cm x 1.5 cm dg kedalaman 1 cm, kalo secara matematis berarti volumenya 2.25 cm kubik, daging/kulit sayatan tsb akhirnya dikirim ke lab utk PA (analisis patologi) utk memastikan ganas atau jinak, luka selanjutnya dibakar (istilahnya cauterization, berhubung pakai alat kayak solder namanya menjadi electrocauterization…) setelah itu kulit dipaksa rapat dg dijahit (maksain amat ya… si amat aja gak suka maksain…) lalu luka diperban. Dua minggu kemudian jahitannya dibuka, selanjutnya dicek rutin utk ganti perban seminggu sekali. Yang jadi masalah 1 minggu setelah 3 minggu, luka sy berair dan baunya gak enak, waduh ternyata terjadi infeksi… Akhirnya dg berat hati sy coba ke RS lain dan oleh dokter tsb lubang tadi dibersihkan lagi alias dipermak ulang karena ada infeksi dan kembali disuntik bius lagi karena lukanya perlu dikorek dan dibersihkan, berdarah lagi deh, sekarang udah hampir 1 bulan dan itu telapak kaki masih bolong juga, pertanyaannya kapan lubangnya akan terisi daging/lemak lagi ya, aduuuuh….. kayaknya harus extra sabar…. pincang lagi pincang lagi…

  46. ika mengatakan:

    kayaknya repot amat ya. kan dah dibilangin caranya, pada intinya callusol, obat cina maupun tekhnik pembakaran hampir sama. sama2 membuat jaringan epidermisnya mati(sori kalo istilahnya salah). terus dikelupasin sampe ketemu akarnya, nah kalo akarnya udah ketemu baru bisa dikeluarkan. akarnya itu bulat, putih dan punya banyak pembuluh darah. makanya kalo akarnya belum mati tapi dipaksa cabut bakal banyak darah yang keluar dan cenderung susah berhenti. yang penting jaga kebersihan kekerinan kaki.

  47. Rachman lubis mengatakan:

    pgalaman yg tak mngkn terlupakan pascaoperasi ga bsa jlan alias pincang 2 BULAN BrOO….!!!

  48. Dewina mengatakan:

    pengalaman yg sama yg sblmnya sy ga pernah mnjalani operasi skecil apapun. sy jg abis operasi mata ikan yg numbuh di tlapak kaki sbelah kiri. Saat dioperasi ga krasa sakit, tp saat disuntik sblm operasi sakitnya bener2 sakiiiit..disuntik jg pd 4 titik. Stlh dioperasi kena jaitan 5 kali. Ganti perban seminggu skali. Pd minggu ke tiga perban dibuka dan jaitan dilepas (agak sakit). Sejak perban dibuka lukanya mulai kering dan kulit disekitar sayatan operasi mengelupas dan sedikit gatal (katanya ciri2 mau sembuh). Skrg bekas operasinya dan sembuh, cuma jalan msg agak pincang2 gitu… Moga mata ikannya ga mampir2 lagi ke kakiku…

  49. hadi mengatakan:

    ikutan nih.. setau sy penyakit mata ikan kalo mendatangi dokter pasti dibedah,jarang yg menganjurkan untuk pakai salep,lebih aman klu bisa pake obat luar ( cina) atau berupa herba. biassanya mata ikan adlah indikasi lemahnya organ tubuh.bisa fungsi hati.

  50. zaks benci mata ikan mengatakan:

    amat bkin stresss…mata ikan dh bkin bengkak di kaki…spatu jd g muat sbelah….rasae tlapak kaki tebel..cenut cenut….
    ada solusi pling ramah ndag..klo liat operasi rasane pngen pingsan ;(….

  51. Nugraheni mengatakan:

    haduh,,,salepnya apa ya???
    takut suntik ne…

  52. hulaii mengatakan:

    pake air aki tetesin ke mata ikannya atau ambil sedkit kapuk campur ke air cuka trus tempelin. tempel ampe ancur. agak extreme seh cman + ilang. tato aja ilang..

  53. melissa mengatakan:

    saya mau tanya nii kan mata ikan saya di kaki sebelah kiri saya ada 6 cuma yg parah banget dan paling besar cuma satu di bagian jari maniss , saya mau di operasi tapi kalo abis di operasi akan numbuh lagi ato tidak ?
    dan setelah di operasi bisa jalan seperti biasa lagi kira2 brp lama setelah operasi ? saya jadi takut tpi yg di jempol masih kecil banget , saya uda pake obat callusol tpi ttp aja ga ilang2 saya pake obat itu sudah 3 bulan tpi tidak membaik dan menjadi tambah besarr .
    repp pliss yah di tunggu

  54. RANTY mengatakan:

    temans, gejala awal mata ikan apa ya???
    ini di telapak kaki kiri aku ada semacam bentol di dalam gitu, trus gatel banget rasanya..yaampun semoga bukan mata ikan :((

  55. ADEK mengatakan:

    huaaaa..ngeri d baca post nya, soalnya bsok pgi gw baru mw krumah skit bwt operasi mata ikan. satu numbuh dkaki kiri. huhuhu, operasi perdana selama gw hidup neh..
    tp informasi tmn2 bermanfaat bgt bwt gw,
    se nggak nya bsok gw g bkal lupa bwa jket bwt dgigit, heheh

  56. pine mengatakan:

    setahun yg lalu kaki anak saya sakit bisul pada telapak kaki, sy obati dengan callusol yg beli diapotik dg harga 22rb. akhirnya sembuh total. saat ini dikaki kanan ada 1 di tangan kiri ada 3, skrg lagi sy obati pake callusol juga. mudah2 sembuh. mari bersyukur karena cuma di telapak kaki / tangan, bayangkan jika bisul itu didalam organ tubuh kita. ngeri… alhamdulillah

  57. Rouf mengatakan:

    Waduh, ternyata menyeramkan operasi mata ikan itu. Saya hari senin mau operasi mata ikan ni. saya ada satu gede banget di bagian tumit, tapi agak keatasan dikit. saya ngerasain mata ikan itu sejak 4 bulan lalu, tapi baru ngerasa bener2 sakit pas sekarang ini. kebiasaan, pas udah kerasa sakit banget baru mau nyari2 solusi buat nyembuhin. Setelah baca pengalaman2 yang disini, saya jadi merinding ngebayangin nanti pas dioperasi euy, pasti sakkkkkkkiiiiiiiitttt bgt. T_T
    Moga bisa kuat nahannya.

  58. wina mengatakan:

    aku juga nie tapi gak tau ini apa mata ikan atau apa, dia tu tumbuhnya di tangan kiri ada 7 tapi yg jadi rajanya 1, rasanya kasar” gitu gak enak , lalu di kaki juga tapi rasanya saki banget…..
    gak jelas ini penyakit apa
    tolong kasih tanggapan sama obatnya nya kalo tau
    thank’s “,>_<,"

  59. wina mengatakan:

    obatnya apalagi???????

  60. Anitata mengatakan:

    Hai semuanya salam kenal ya….waduh ternyata mata ikan benar2 ngeselin banget penyakit kampungan yang satu ini belagu banget… Aku, sudah satu kali di operasi baru satu minggu buka jahitan dan merasakan jalan tanpa pincang eh dia datang lagi. karena takut di operasi lagi aku coba pake plester cina….pertama kali pake pas bangun tidur gak sakit seperti biasanya yaaa agak berkurang sedikit..sdh pake 3 box kulit pinggirnya mengering dan agak terbuka jadi aku nekad aku gunting pake guntingan kuku ternyata ada 2 lapis yang bisa aku kikis dan belum bisa copot sendiri dan masih berwarna putih….akhirnya aku plester lagi pake obat cina itu walhasil kaki aku sekarang cenat – cenut banget asli pengen nangis…tp tetep aku hajar aja deh biar tambah tipis tuh mata ikan. Bagi yang sudah berhasil pake plester cina kaya gitu gak ya? bagi2 ceritanya donk kaya aku gitu gak?

  61. wina mengatakan:

    wah aku belum nemuin obat plester cina
    kalo pbat plester cina kanyak gitu beli nya di mana ????????????
    kasih tau dong yang tau please,,,,,

  62. ayu mengatakan:

    wah wah,sy baru bc nih,gara2 2bln ini telapak kaki kanan sy bercokol dgn indahnya sebuah mata ikan. Masih kecil,tp ganggu bgt. Kayaknya utk operasi gak masuk opsi deh bwt sy.ngeri bo! Dan akhirnya saya temukan plester cina yg teman2 bahas! \(^.^)/
    namanya ga tau,tulisan dikotaknya huruf kanji semua! Isinya 6plester,harganya 5rb di pontianak! Murah ya??skrg sy mau nyoba satu.mudah2an sembuh!

  63. angela hilda mengatakan:

    waahh, pengalaman yg sama…ini tgl 20 juli kmren saya baru habis operasi mata ikan. waktu d’cabut objek’na emang ga sakit karna d’anastesi dulu,,tapi waktu suntikan anastesi’na itu yg sakit’na minta ampun, 3 x tusukan. dan karna ada lubang trus mesti d’jahit 4 jahitan. semoga sembuh, n ga akan muncul lagi mata ikan’na…terima kasih atas semua pengalaman’na.

  64. dino mengatakan:

    ada yang tau disemarang dimana? thanks
    aku udah pake kalusol dah 3 minggu gemez aku kerok sampe dalem pake benda tajem,tapi gak sembuh,cuma putih aja,trus gimana? sakit klo buat jalan…

  65. Selvina Isnaini mengatakan:

    saya juga pernah kena mata kaki tahun 2007 dan dianjurkan juga pakai plester cina itu. hasilnya, mata ikan nya lepas setelah beberapa hari saya pakai plester. nggak sakit (bahkan saya nggak sadar kalo mata ikannya lepas). tapi memang setelah mata ikan lepas, kaki saya jadi ada cekungan bekas mata ikan bersemayam. tapi cekungan itu ilang juga kok, kembali rata seperti semula.

  66. dhian mengatakan:

    saya juga abis di oprasi ni gra2 mta ikan,awalnya si emg saya kira ga knp2,smpai 3bln lbih nhan rasa sakit,akhirnya bru aku sdar klo dia it branak di samping2na ,takutlah ya .. . .
    akhirnya tmen2 ngusulin buat di oprasi aja,rsanya sakiiiit bgt wktu dsuntiik,ni aj jlannya mssi pincang . . .
    aqu berharap smuanya bisa smbuuh.
    amin

  67. aji mengatakan:

    @dhian : operasi pengangkatan mata ikan berapa ya sekarang ?

  68. man mengatakan:

    mta ikan TIDAK PERLU DI OPERASI, cukup pke CALLUSOL (dpt d peroleh di apotek). caranya obat tsb di oleskan ke kapas seukuran biji kacang, kemudian di tempel pas di mata ikannya dan di rekat pka hansaplast atw yng lainx agar nempel trus.. gnti kapas tsb 3x shari. setelah 3-4 hari mata ikan tsb akan mati dan mengelupas dngn sndirix tnpa rasa sakit sama sekali…

  69. dian mengatakan:

    wuaaaaaa …. gua juga kena mata ikan niiii… menyedihkan…. :( makasih semua sarannya diatas yaaa… :D Masih dalam pengobatan nii… operasi oh noo!!! :P

  70. Khanza shiiba assa'id mengatakan:

    IkuTan ah duch mata ikan ne ad 4 d,kaki awal,a 1 trus w gunting ajJ pke gunting kuku bukan,a ilang malah tmbuh bnyak ckrg ad d,tangan kiri ampun dweh,
    w takuT Bgt lg d,operasi mau c0bA Obt dlu dEh v kalo gad hasil,a trpaksa d,operasi amsy0ng dweh tks all info,a.

  71. andi mengatakan:

    ihh…kog lma bner ya sembuhnya….

  72. andi mengatakan:

    ya allah jangan sampe sioperasi…amin

  73. Ardiansyah mengatakan:

    PAKE CALLUSOL, Insya Allah 3 hari uda terkelupas,ngelupasnya dikorek aja pake tangan, tp sebelumnya rendam dulu dgn air hangat 10- 15 menit.
    Saran saya: jagalah kebersihan kaki anda!

  74. SULTAN MUKTI (UDAH DUA KALI KENA MATA IKAN KIRI KANAN) mengatakan:

    mba BLOG ini maaf saya juga kena mata ikan
    kemarin sakit beneran lalu saking ngga tahannya saya berobat ajjj ama bidan kan bisa juga di bius ntar lalu di sayat
    nah pass mau di sayat tuh ngga jadi sayat sampe akarnya jadi masih ada bekas sayat,udah 3 hri berlalu dari berobat ke BIDAN mata ikan saya tetep warna kuning(mungkin ajj NANAH) lalu jumat nih ad kluar nanah dari bekas sayatan bidan tuh, lalu di pecahin ama bapak saya , keluar ada daging putih tuh cuma isi nya kosong(mungkin isi nya nanah yang udah di keluarin tadi) lalu masih add nanah sih di dalam(CUMA DIKIT JADI SUSAH BUANG NYA)
    itu mbak yang mau saya tanyakan
    apakah sembuh ya MATA ikan saya?

    mohon balasan nya kk

  75. puja mengatakan:

    dulu saya jg pernah kena mata ikan, tp gampang koq ngilangin’a..
    Pertama, ditipisin mata ikan’a pake gunting kuku. .
    Kedua, tipisin sampe keluar darah sdkit..tnang ajah gag sakit koq, cuma perih sdkt.
    Ketiga, dibilas pake air sampe bersih.
    Terakhir, diolesin pake odol, diamkan sampe mengering kira2 15menit, bersihkan deh..

    Insyaallah ilang, krna sya udah ngerasain sndri.

  76. Jenk nini mengatakan:

    Kutil di tlapk kaki sdh di oprasi tapi khawtir untuk jalan ssudah di cbut benangx. Apa jalanx nda kaku ya dok? Kn sblem cabut benang , jlnx pincang.

  77. Jenk nini mengatakan:

    Pasca oprasi kutil blum cbut jhitan jln sy pinjang . Klw sdh cabut benang apa enak untuk jln dok?

  78. arum mengatakan:

    Baca pengalaman teman2 tentang mata ikan jadi ingat deh pengalaman saya waktu operasi mata ikan, waktu saya tanya ke dokter sakit gak operasinya dokter bilang enggak, jadi dengan percaya diri saya rebahkan badan ini ke kasur empuk di ruang praktek dokter, pas waktu di suntik ….. ya ampun sakitnya minta ampun sampai saya teriak2 minta tolong ke susternya, sudah sakit lamanya minta ampun, tuh jarum panjangnya setengah mati, nah pas giliran dioperasi saya pikir pasti gak bakalan sakit karena udah dibius , ternyata perkiraan saya salah pas dikorek-korek dokter minta ampun deh tambah sakit. Saya sampai protes dan minta dokter untuk berhenti, tapi dokternya tetep cuek ngorek-ngorek kaki saya dan bilang sudah dibius gak terasa kan ……setelah selesai operasi, saya masih harus pulang dan nyetir mobil sendirian. Karena penasaran sampai rumah saya pencet bagian kaki di sekitar operasi lha koq tetep sakit, terus saya coba pencet2 bagian jari kaki lha koq hak terasa sama sekali…oalah ternyata biusnya salah sasaran, bukannya sekitar mata ikan tersebut yang kebius eh malah jari2 kaki saya yg kena bius. Amit-amit jabang bayi deh jangan sampai kena mata ikan lagi.

  79. jenar mengatakan:

    numpang lewat, sekarang nie gua lagi kena yang namanya mata ikan, ndak tau datangnya dari mana, eh tiba2 nongol gitu aja. karna gua takut operasi akhirnya gua nyoba pake callusol yang iklannya sering nongol di tv. ini udah gua olesin sekali, dan rasanya ada perubahan lebih enteng, semoga bisa lekas sembuh.

  80. Jungal mengatakan:

    salam penderita,.
    aq udah kena mata ikan hampir 2 bln,. awalnya aq gk tau ne penyakit apa, aq biarin aja, aq mikirnya penyakitnya datang gk di undang pasti sembuhnya dengan sendirinya. eh ternyata salah ternyata setelah 1 bulan lebih ne penyakit makit melebara aja dan sakit. akhirnyaaq ke pergi kerumah kawanku dokter gk taunya dia bilang ne harus di bedah minor,. ya buat aq di bedah/ di operasi ya gk bayar, maklum temen,.. hehehe..
    tp yg aq takut adalah di suntiknya cos di teken aja sakit bgaimana klo jarum yg masuk. Wwoooowww…
    jd awalnya ah aq biarin lge,. gk taunya mlah makin melebar lge ne penyakit,.
    akhirnya aq putusin dateng lge ke rumahnya untuk di bedah minor, dr pd makin ngulur aq jd gk bs jalan,.
    wktu di suntik yg pertama,.. ya ampuuuuuuunnnnn,.. sakittt bgt kwan2…
    tp setelah itu mau disuntik, dibedah, disilet gk berasa apa2,..
    akhirnya sekarang ne aq lg dlm tahap penyembuhan ne,. setelah seminggu di bedah,.
    moga aja ntu penyakit hilang dan tdk kembali lage,..
    Amiiiinnnn,…..

    tp

  81. Ardin mengatakan:

    wah kalian clavus nya di kaki jd gk bgitu kliatan, saya di jari tangan kanan. jadi pas mw salaman jd rada-rada minder.
    kata dkter ini gk bisa ilang kcuali dioperasi. tapi katanya bisa jg pke kapur sirih tp dia gk nyaranin.

  82. mas mau nanya saya punya mata ikan ditgn sebelah kanan saya dah pake obat yang namanya callusoll Mata ikan nya copot tapi setelah 2 hari tiba tiba muncul hitam-2 ditengah mata ikan saya(Sudah berlubang) gimana nih Pusing mohon solusinya

  83. leoni mengatakan:

    Hai smua slm knal. Wah trnyta banyak bgt yg senasib ama aq. Aq jg pnya mta ikan ni diantara jempol kaki kiri. Bru sebulan. Awalnya q kira sejenis pnykt yg disebabkan jamur, lalu ibu nyaranin pke pagoda salep, mt ikannya melunak, lalu q gunting pke gunting kuku eh ada bintik itamnya (akarnya), aq mkir ni bkn jamur biasa, akhrnya searching google, trnyta mata ikan. Searching lg obt nya apa, nemu plester cina ni. Skrg aq lg make bru 1 hri, tp krn semangatnya bli, aq bli 6 pak. Klo ada tmn2 yg mau aq ksi gratis cm gnti biaya krim aja hihi. Moga qt cpt sembuh dan trbebas dr mata ikan ni ya :)

  84. setya mengatakan:

    pakek calusol aja gan.ane dlu dioperasi muncul lg dsbelahe.tp skrg alhamdulilah ilang.

  85. ENDI mengatakan:

    hadehhh gimana sih cara ngilanginnya
    lagi nyoba pake callusol nih . gk tau berhasil apa nggk

  86. wina mengatakan:

    Thx temen2 yg udah mau berbagi.baru beberapa hr yg lalu ibu dan kakak ipar sy kena penyakit mata ikan.dan mereka sudah menjalankan operasi.sy sudah dengar pengobatan soal plestes cina (di daerah sy disebut koyok) cm di daerah sudah tdk ada:(
    Mau donk di belikan..sy ganti biayany..
    Berbagi itu indah,,,,^_^

  87. vitadeann mengatakan:

    Ada gak sih cara lain buat nyembuhin clavus selain operasi? Trauma bgt nih klo besok harus operasi lg :(

  88. eleonora mengatakan:

    emang mata ikan tuh bikin keki banget… cowo gw pernah punya mataikan, terus dia pake plester gitu sih… terus setelah lunak, akhirnya dipencet ma dia,dan keluar deh kayak biji kacang warna putih.. dan berdarah juga waktu itu..
    sekarang malahan gw yg kena mata ikan.. dan udah berapa bulan ga sembuh2… cuma mesti dipencet dulu nih kayaknya.. tp yg parah nya malah tumbuh di sampingnya juga 1.. dan kayaknya tumbuh lagi di sekitarnya 3 biji….

  89. Harry mengatakan:

    Plester (obat cina) t apa yaa namanya?kasian neeh Ibu q ada mata ikannya cmen umurnya udh sepuuh,kasian klo mw operasi takut gk kuat nahan sakitnya(biusnya),cz ibuku ada skt parkinson jg ama jantung.sdh kdokter eeh,malah t dokternya gk segera operasi cmen ksh salep aja,malah comment kakinya Ibu kok jelek y?(hadeeh dok Ibuq t sakit,klo model nya spatu prada y gk muncul d RS ini,mejeng trs d majalah fashion tiap edisi-ampuun nee dokter).ada yg bisa bantu gk yaa?

  90. gilang mengatakan:

    saya jg hbis di operasi..sbulan kmudian tmbuh di tempat semula…tp sy akan coba alternatif dari teman semu..semoga sembuh…

  91. maxione mengatakan:

    Berbagi pengalaman..
    Pada awalnya ada semacam kapal ato daging keras berwarna putih pada telapak kaki saya,tp kalo ditekan sakit.saya pikir ada air didalamnya.trz saya tusuk jarum,saya korek2 ga ilang2.malah tambah gede.
    Lalu saya pake koyo cabe pada bagian itu buat menutupi rasa sakit kalo pake sepatu,karena sakit kalo buat menapak.1 jam agak mati rasa.
    Saya pikir itu cuma kapal biasa dan akan menghilang dengan sendirinya..
    Sharing2 dengan teman ada yg bilang,coba cek gula darah,di iris aj trz di tetesin getah kamboja,di obati pake callusol..
    Karena udah 3 bulan ga sembuh2,akhirnya ak ke dokter,saran dokter yaa operasi..
    Pas operasi sakit pas di bius 3 titik sakit bgt.ak sampai gigit bantal,pas di iris ga krasa,karena ak operasi sore,pas malamnya sama sekali ga bisa tidur.nyeri krn mungkin efek bius ilang.
    Sudah 6 hari ini ak mandi dgn membungkus kakiku krn ga boleh kena air.dan jalannya pincang hanya pake tumit dan saya seret.
    Ak mulai berpikir apa yg menyebabkan mata ikan ini ada?jawabannya VIRUS.
    saya flashback kemungkinan kebiasaan saya pake kaos kaki kotor waktu krj,meski kaos kaki saya banyak ada 10 psg,tp saya ganti tiap 3hr sekali,apalagi aktivitas saya tinggi.
    Di tambah futsal,ato mungkin pinjem sepatu futsal temen yg pernah kena mata ikan.
    Buat temen2 saran saya jaga kebersihan kaki biar ga kena mata ikan.dan jika kena mata ikan jgn dikorek pake tangan,nanti dari jari tangan itu akan menyebar jk jari tanganmu menggaruk bagian lain,lebih parahnya lagi kalo km makan dgn tangan itu lalu Virusnya masuk tubuh.
    Semoga setelah operasi mata ikan ini kakiku sembuh..doain yaa..
    Trz saya sharing lg dgn yg pernah operasi,katanya mata ikannya tumbuh lg setelah operasi di tempat yg sama.kmngkinan akarnya belum terabil semua.trz dia pake CALLUSOL.katanya hilang..
    Kesimpulan.jk mata ikan masih muda pake obat seperti callusol efektif untuk menghilangkan mata ikan,tp jk sudah tua (usia 2 bulan lebih)jalan terbaik yaa operasi.
    Deteksi dini lebih baik untuk pengobatan yg lebih maksimal.jgn remehkan hal sekecil apapun pada tubuhmu..
    Terima kasih…

  92. okfian mengatakan:

    sy sudah operasi mata ikan di kaki sudah sktr 1bln lalu.pd minggu ke 2 benangnya dicabut.nah skrg lukanya sudah kering wlwpun ada luka kecil ditengah seperti menganga(tp uda krg n ga dalam). nah di sekeliling bekas luka itu klo ditekan terasa keras (bukan sprti tertusuk pas dl ada mata ikannya). itu wajar ato gmn ya??takut neh klo operasi lagi T.T

  93. nieluigi mengatakan:

    Gatel mo komen, brdasar pengalaman..
    dulu banget sy pernah kena mata ikan di bawah jempol kaki n itu menyiksa.. kata orang mata ikan karena ada akar yang bisa dicabut trus menerus saking banyaknya.

    boleh percaya atau gak, sama bapak saya dikasih irisan bawang merah (atau bwg putih klo gak salah) rutin setiap hari (sampe semingguan), olesi/gosok ke sumber mata ikan. secara alami mata ikan itu pun kering n mati dengan sendirinya.

    ps. bawang sbg anti inflamasi

  94. Suci Rahma mengatakan:

    saya baru ada niatan mau operasi di RS, biayanya kira – kira berapa ya? soalnya pakai plester cina itu gak ilang ilang. sakit gak sih pas di operasinya? mohon di balas. terima kasih.

  95. lara mengatakan:

    Sy juga habis operasi tgl 15 kemarin, dan memang suntikan nya itu sakitnya luar biasa,,(jngn sampe lagi2 deh),tp alhamdulillah clavus nya ud diambil, ada 2 ternyata, sekarang lagi proses pemulihan, rasanya cenat cenut cantik gmana gitu hee,,,, mba suci klw pas operasi nya ga sakit, cuma pas suntik aja yg sakit

    Semoga luka bekas operasi nya cepet sembuh,,,,

  96. Wawan mengatakan:

    Salam Penderita…

    Sebelumnya saya ingin b’terima kasih buat semua yg udah sharing pengalaman’a dari 16 Jan 2009 smpe 17 Jan 2014 (gilaa banyak banget yg komen -smpe 2 jam buat baca komen’a doang-). Huuhhh…

    Tapi ga percuma perjuangan saya buat baca komentar2 teman2 smw., krna saya tlah menemukan jawaban dri apa yg slama ±2 bln ini bersarang di jempol kaki kanan saya.
    Ternyata ini yg nama’a “Mata Ikan”., walau saya harus memastikan’a dgn konsultasi ke Dokter. (setelah membaca ini saya akan segera ke dokter)

    Oiya poin terpentingnya adalah buat temen2 yg mengalami gejala seperti ini (mata ikan) berikut adalah jalan keluar untuk mengusir si mata ikan itu dari singgasananya di kaki/tangan kita (saya ambil dari semua komen yg ada di atas)., berikut jalan keluarnya :

    - Hansaplas/koyo china (bisa didapat di toko. obat cina terdekat)., hrga’a 6-10rb isi >6 kemasan kotak warna hijau tidak jelas merk’a karna memakai huruf Kanji
    - Kapur las karbit (kurang jelas cara penggunaan’a)
    - Callusol (bisa didapat di apotek terdekat., ptunjuk penggunaan’a tertera pd kemasan)
    - Collomack (sepertinya sama seperti Callusol)
    - Anfix dan Salep (ini adalah obat yg diberikan dokter utk salah satu teman kita di komentar sebelumnya)
    - getah bunga kamboja (seperti’a dgn menempelkan getah pada mata ikan)
    - mancis (saya ga tau benda apa ini.,(seperti’a sejenis alat elektronik berbatrai) ini adalah yg dipakai teman kita Ika pd komen diatas dgn cara dipanaskan dan ditempelkan pd mata ikan smpai mengering)
    - rendaman air hangat+sedikit garam didalam’a selama 15-30 mnt
    - bawang merah/putih (sayatan bawang dioleskan pd mata ikan)
    - bedah Cauter (adalah cara terakhir yg akan saya tempuh apabila cara2 diatas tdk ampuh., yaitu dgn operasi/pembedahan oleh Dokter. Yg konon kata’a tidak sakit saat dibedah namun SANGAT teramat SAKIT saat pembiusan m’gunakan jarum suntik). *males ngebayanginnya “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ oiya kata’a sebagian dari operasi berhasil m’hilangkan mata ikan namun sebagian malah muncul lagi alias gagal.

    Semoga bermanfaat ya teman2 sharingnya., maaf kalo kepanjangan krna ini sharing sekaligus hasil rangkuman komentar2 yg sudah saya baca… :)

    Semoga kita semua diberikan kesembuhan… آمــــــــــــــــــين يا رب العالمين

    #di Jakarta bisa cari di toko2 obat cina di pancoran kota, dari pertokoan gloria (ini jg salah satu komentar teman kita diatas)

  97. Eric mengatakan:

    Duh kebayang 3 minggu lalu operasi mata ikan ini di RS Siloam ama dr spesialis kulit..waktu di suntik ampunn sakitnya sampai meronta2..susternya ketendang, bayar 1.2jt (untung dicover asuransi) tapi apakah menjamin sembuh?

    TIDAK!!! Semua sakit dan mahal yg kt rasain langsung datang lagi seiring datangnya si mata ikan itu lagi. Trus menurut dr spkk utk cauter ke 2 hrs ama dr spesialis bedah.

    Trus sy memutuskan untuk coba pakai plester cina itu, kalian bs beli di apotik cina di mall ambasador di lt dasar dkt toilet. Harganya 1 box 7rb isi 6.

    Trus kalau mau operasi ada 2 pilihan, pakai cauter, itu sejenis alat yg dipanaskan dan kata dokternya biasa digunakan utk memotong dan membakar akar-akar mata ikan

    Yang ke dua dgn CO2. Ini tersedia di RS spt RS Pondok Indah dan Puri Indah. Katanya lebih ga sakit tp rasanya dingin spt megang es..patut dicoba utk yg mau cara ini dgn datang dan konsultasi dgn dokter2 di RSPI

  98. dio aulia fauzan mengatakan:

    tidak usah takut teman2 kan ada obat alami seperti CAllusol obat mata ikan

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

